TONAAS WANGKO BRIGADE MANGUNI DECKY MAENGKOM ANCAM USIR TELLY TJANGGULUNG DARI MITRA

Pemkab Kabupaten MITRA Berencana Rubah Lambang Kabupaten.

Organisasi adat Brigade Manguni (BM) Minahasa Tenggara (Mitra), berencana akan melakukan demo besar-besaran jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mitra tetap pada pendiriannya untuk merubah lambang daerah Kabupaten Mitra yang telah ada.
Hal ini seperti dikatakan Tonaas Wangko BM, Decky Maengkom beberapa hari yang lalu, rencana pemerintah untuk merubah lambang Kabupaten Mitra merupakan bentuk perlawanan kepada warga Mitra itu sendiri. Sebab lambang daerah yang ada saat ini, sudah merupakan lambang yang mengambarkan budaya asli masyarakat Mitra. Sehingga tidak ada alasan bagi pemerintah, untuk melakukan perubahan lambang kabupaten. “Kami akan melakukan demo besar-besaran, dengan menghadirkan massa yang cukup banyak untuk menolak rencana tersebut, bahkan kami akan mendesak agar Bupati Mitra, Telly Tjanggulung (T2) segera membatalkan niat tersebut,” tegas Maengkom. Dikatakannya, DPRD Mitra jangan membahas usulan yang telah dilayangkan oleh pemerintah sebab lambang kabupaten yang baru tersebut sama sekali tidak mencerminkan ciri khas kehidupan warga dan lebih pada soal kepentingan. Itu dikarenakan, Bupati T2 adalah warga etnis Thionghoa (Cina) dan bukan penduduk asli Mitra. Dan kalau perlu, kami atas nama warga akan mendesak agar Tjanggulung untuk segera angkat kaki dari tanah Patokan Esa. “ Kami tidak main-main dengan hal ini, makanya kami tetap mendesak pemerintah dan dewan terhormat untuk membatalkan niat ini, dan jangan sampai kami bertindak yang lebih parah lagi yaitu mengusir Bupati dari negeri kami Patokan Esa,”ancam Maengkom yang terkenal vokal tersebut. Secara terpisah, Kabag Tata Pemerintah Sekdakab Mitra, Yotje Wawointana menegaskan, usulan perubahan lambang kabupaten Mitra sudah di sampaikan ke dewan yang terhormat. Jadi tinggal menunggu jadwal pembahasan, dan memang untuk lambang kabupaten yang baru sangat berbeda dengan yang lama, bahkan di rubah seratus persen. “Pemerintah telah menyampaikan usulan kepada pimpinan dewan, tinggal menunggu waktu atau jadwal dari dewan, sedangkn untuk lambang sendiri mengalami perubahan total,” kata Wawointana polos.
(sumber Koran Manado)

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "TONAAS WANGKO BRIGADE MANGUNI DECKY MAENGKOM ANCAM USIR TELLY TJANGGULUNG DARI MITRA"

  1. Kiapa le komang ini artikel so berbau suku, agama dan ras. Pikirkan lah apa yang terbaik for mitra. jangan mulai mebeda-bedakan golongan dan jangan bawa-bawa kepentingan golongan.

    BalasHapus
  2. bukannya sebaiknya brigadi manguni menjaga kesatuan masyarakat dan membangun daerah? kiapa ini so mulai-mulai mo beking perpecahan lewat membeda2kan suku, agama dan ras????
    nda stuju kita kalo bagini no.
    ayoo brigade manguni buat sesuatu untuk membangun daerah.
    bantu to orang2 miskin di mitra. kasih beasiswa di bidang pendidikan. kase bersih pasar. masih ada banyak le yang boleh mo dibuat for daerah. jangan terpengaruh dengan politik2 kotor.

    BalasHapus
  3. ayo BM bersatu bangun mitra. jangan terpengaruh politik2 kotor...
    Bangun daerah tanpa membawa-bawa nama suku, agama dan ras. semua manusia berharga dan berkualitas. masih banyak yang harus dilakukan untuk membangun daerah. jangan terbawa-bawa emosi yang pada akhirnya hanya akan merugikan daerah dan masyarakat nya sendiri.

    BalasHapus
  4. Bupati nda tau dia pe asal... kang..?

    BalasHapus
  5. ganti ulang tu logo jadi patokan esa...

    BalasHapus
  6. betul itu Bung Decky...
    jangan ganti tu manguni deng merpati, walaupun qt ley kristen.
    mar manguni adalah sejarah minahasa....

    BalasHapus